Macam-macam Kapal Laut di Dunia

Macam-macam Kapal Laut di Dunia

Berlayar merupakan aktivitas yang dilakukan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Dulunya nenek moyang berlayar untuk tujuan mengarungi dunia, berdagang, dan berpindah tempat. Seiring berjalannya waktu transportasi laut yang digunakan semakin bertambah banyak. Seperti dalam penjelasan dibawah ini macam-macam kapal laut di dunia.

Dimana kapal-kapal tersebut digunakan untuk sarana transportasi antar kota, negara, dan benua. Ada juga kapal yang dikhususkan untuk hiburan semata yakni kapal pesiar. Macam-macam kapal yang digunakan seperti kapal ro-ro, kapal kargo, kapal ferry, hingga kapal muatan barang.

Macam-macam Kapal Yang Berlayar di Dunia

Macam-macam kapal, jenis kapal pesiar
(foto: panorama-magz.com)

Ternyata terdapat macam-macam kapal laut yang mengarungi wilayah perairan di dunia. Check this out!

1. Kapal Tanker

Kapal tanker memiliki desain khusus untuk mengangkut minyak dan sub produknya. Selain itu, memiliki jenis-jenis tannker berdasarkan material angkutan. Contohnya tanker minyak, tanker LNG, dan tanker bahan kimia.

Adapun tanker terbesar di dunia yakni super tanker. Biasanya digunakan khusus mengangkut minyak di daerah laut Afrika dan Timur Tengah. Contohnya kapal super tanker Knock Nevis.

2. Kapal Barang (Cargo Ship)

Kapal barang berfungsi membawa dan mengirimkan barang antar pelabuhan di satu negara maupun berbeda negara. Saat ini, jumlah kapal kargo dikatakan paling banyak mengarungi lautan dibandingkan kapal lainnya.

Terutama setelah kegiatan impor-ekspor barang meningkat. Jenis kapal satu ini didesain secara khusus guna mengangkut barang. Tersedia juga crane agar proses bongkar muatan semakin mudah.

3. Kapal Kontainer

Kapal kontainer termasuk kapal berkapasitas besar yang digunakan mengangkut peti kemas. Pada kapal kontainer mempunyai rongga yang luas untuk penyimpanan kontainer. Dimana ukuran kontainer beragam yakni 20 kaki dan 40 kaki.

Untuk mengukur kapasitas muatan peti kemas dengan satuan metrik ton. Apabila kapal kontainer sampai di pelabuhan, kontainer-kontainer tersebut diangkut menggunakan derek khusus.

4. Kapal Pesiar

Diantara macam-macam kapal laut, kapal pesiar dianggap kapal paling mewah yang digunakan untuk pelayaran dan liburan. Umumnya, kapal pesiar memberikan suasana elegan dan fasilitas-fasilitas terbaik. Misalnya, fasilitas penginapan mewah dan peralatan hotel kelas premium.

Biasanya kapal pesiar berlayar di samudera dan selat. Ukuran kapal pesiar juga beragam, mulai dari ukuran kecil, rendah, dan sarat air. Ada juga kapal pesiar yang mengitari wilayah perairan sungai.

Baca juga : Macam-macam Peralatan Kapal

5. Kapal Bulk Carrier, Kargo Curah, atau Bulker

Jenis kapal satu ini dimanfaatkan sebagai pengangkutan kargo curah atau unpackaged. Contohnya batu bara, pasir, semen, dan biji-bijian dalam jumlah besar. Oleh karena itu konstruksi kapal sangat kuat, tahan api dan tahan air.

6. Kapal Ferry Ro-Ro (roll-on/roll-off)

Diantara macam-macam kapal, ferry ro-ro merupakan salah satu yang banyak digunakan di Indonesia. Kegunaannya khusus untuk pengangkut kendaraan roda empat dan roda dua. Pada kapal ro-ro dipasang pintu rampa supaya mudah terhubung ke dermaga apung saat berlabuh. Rute perairan yang dilalui dapat berupa rute antar pulau atau kota yang jaraknya cukup dekat.

7. Kapal Tongkang (Barge)

Kapal tongkang merupakan jenis kapal yang digunakan diatas sungai atau laut sebagai pengangkut muatan. Umumnya tongkang mengangkut bahan-bahan bangunan seperti kerikil, batu bara, pasir, kayu, dan juga sampah. Kapal tongkang tidak dapat bergerak sendiri, memerlukan tarikan dari kapal tunda atau kapal tow boats.

8. Kapal Angkat Berat (Semi-Submersible)

Semi-submersible adalah kapal yang dibuat khusus guna mendukung pengiriman alat berat. Kapasitas angkutan kapal satu ini lebih besar dibanding kapal kontainer. Dilengkapi juga dengan alat bongkar pasang muatan.

9. Kapal Tunda (Tug Boat)

Kapal tunda digunakan sebagai kapal manuver atau penggerak kapal lain. Caranya dengan menggunakan tali tambang yang kuat. Penggunaan kapal tunda ketika berada di laut lepas atau terusan.

10. Kapal Floating Production, Storage, and Off-loading (FPSO)

Kapal floating production, storage, and off-loading merupakan kapal yang memiliki fasilitas terapung. Biasanya beroperasi guna menjangkau ladang minyak atau gas bumi yang ada di bagian dasar laut lepas pantai. Jadi, FPSO memiliki beragam fungsi seperti memproduksi, menyimpan, dan melakukan penurunan angkutan.

11. Kapal Pasokan Platform (Platform Supply Vessel – PSV)

Kapal pasokan platform digunakan khusus untuk mengangkut platform minyak yang berada di daerah lepas pantai. Jenis kapal PSV ini tergolong panjang yakni 65-350 meter. Memiliki fungsi utama untuk mengangkut personil perusahaan pengeboran minyak ke platform lepas pantai.

12. Kapal Pengebor (Drillship)

Kapal pengebor memiliki daya apung seperti jenis kapal lainnya. Drillship digunakan dalam pengeboran dan penyelesaian pengerjaan sumur minyak di lepas pantai (pengeboran eksplorasi). Contohnya pemasangan tubing, casing, dan instalasi bawah laut.

13. Kapal Derek (Floating Crane)

Kapal derek merupakan kapal pengangkut beban berat seperti alat-alat konstruksi bangunan. Baik itu bangunan gedung pencakar langit maupun konstruksi lepas pantai.

14. Kapal Layar (Sailing Ship)

Kapal layar merupakan jenis kapal dilengkapi layar yang berguna untuk menggerakkan kapal. Pasalnya kapal layar memanfaatkan tenaga angin disamping mesin.

15. Kapal Keruk (Dreger)

Kapal keruk adalah jenis kapal yang digunakan untuk membuat galian sedimen dasar di wilayag perairan laut dangkal maupun air tawar. Biasanya aktifitas kapal keruk untuk mencari bahan-bahan reklamasi.

Seperti itulah ulasan macam-macam kapal laut di dunia. Selama pelayaran berlangsung macam-macam kapal laut juga harus membawa peralatan keselamatan dan perlengkapan lainnya. Sehingga dapat menghindari insiden-insiden tidak terduga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *